Peran Media Masa dan Kesenjangan Informasi Dana Desa

Peran Media Masa dan Kesenjangan Informasi Dana Desa

MELANESIA BPK Perwakilan Provinsi NTT bekerja sama dengan LPP RRI Kupang menyelenggarakan media forum dengan tema “Peran Media Massa dalam Mengeliminir Kesenjangan Informasi dan Masyarakat Terkait Dana Desa”. Media forum ini dilaksanakan setelah LPP RRI Kupang pada hari yang sama menyelenggarakan Focus Group Discussion dengan Anggota DPR RI dan pihak Pemerintah terkait tentang Pengelolaan Dana Desa.

Kegiatan media forum mengundang sebagai peserta 3 media cetak (Victory News, Pos Kupang, dan Timor Express) serta LPP RRI Kupang sebagai peserta sekaligus sebagai tuan rumah tempat penyelenggaran kegiatan. Selain itu, hadir juga beberapa elemen masyarakat, seperti akademisi, perwakilan desa, aparatur desa, serat beberapa staf BPMD yang sebelumnya juga mengikuti Focus Group Discussion di RRI Kupang.

Kegiatan media forum dibuka oleh Kepala LPP RRI Kupang, dan menghadirkan narasumber Kepala Sekretariat Perwakilan BPK Provinsi NTT, Teguh Priyantono dan Kepala Subbag Humas dan TU Kalan, I Gede Putra Wijaya. Setelah pemaparan materi oleh narasumber, dilakukan dialog dipandu oleh Asyer Rihi Tugu, penyiar RRI Kupang.

Kegiatan media forum ini diharapkan dapat meningkatkan hubungan kerjasama antara BPK Perwakilan Provinsi NTT dengan media massa di Provinsi NTT, terutama di Kota Kupang, serta dapat menyelaraskan informasi antara BPK dan media massa untuk memberikan pemahaman kepada publik NTT tentang hasil pemeriksaan BPK, khususnya terkait Dana Desa.