Sail Moyo Tambora Dilaksanakan 2018

Sail Moyo Tambora Dilaksanakan 2018

JAKARTA – Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman menggelar rapat persiapan persiapan event internasional Sail Moyo Tambora 2018. Turut hadir dalam rapat persiapan ini diantaranya ialah perwakilan dari Kementerian Pariwisata dan Perwakilan Pemda Nusa Tenggara Barat (NTB). “Sail ini akan dilaksanakan pada tanggal 8 September 2018, lokasi di Kabupaten Sumbawa, di Kota Sumbawa Besar di Pantai Saliperate,” Ujar Sekretaris Kemenko Maritim, Agus Purwoto dalam rapat yang berlangsung di Auditorium BPPT, Jakarta (23 Mei 2018).

Ditambahkan oleh Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Manusia, Iptek dan Budaya Maritim, Safri Burhanuddin, Dalam setiap event Sail baik yang sudah dan akan dilaksanakan pemerintah melalui Kemenko Maritim selain menunjukkan potensi daerah tempat berlangsungnya sail, pemerintah juga selalu menggaungkan masalah kebersihan khususnya penanganan masalah sampah plastik. “Kampanye memerangi sampah juga selalu kita laksanakan di tiap-tiap Sail yang sudah dan yang akan berlangsung. Berbagai sarana pendukung sudah kita siapkan, nantinya juga akan kita bantu dari pemerintah pusat di sini untuk mengirimkan alat pengolah sampah yang berkapasitas 10-20 ton per hari,” Tambah Deputi Safri.
Sementara itu, Perwakilan Pemda NTB menjelaskan, lokasi Sail Moyo Tambora 2018 akan dipusatkan di 5 lokasi yaitu Sumbawa, Sumbawa Barat, Dompu, Kota Bima dan Bima. Seluruh fasilitas juga sudah siap, seperti pelayanan keimigrasian, pelayanan BBM, dan pelabuhan akses juga sudah dipersiapkan. “Untuk anggaran sudah kami persiapkan di APBD Kami, kami hanya tinggal menunggu ada surat penetapan semisal rancangan Peraturan Menko atau Permenko sehingga kami bisa langsung bergerak,” Jelas Kadispar Provinsi NTB.

Lebih lanjut, Asdep Promosi Wisata Kawasan Timur Indonesia Kementerian Pariwisata Florida Pardosi mengatakan, pihaknya akan mendukung upaya promosi dan publikasi event Sail Moyo Tambora ini. “Kita akan pergunakan berbagai corong promosi dan publikasi Kemenpar baik nasional maupun mancanegara,” katanya.

Rencananya, acara puncak akan diadakan Sumbawa Besar juga ada pengibaran merah putih raksasa berukuran 72 meter di Pesisir Teluk Saleh, Dasar Laut Moyo dan Puncak Tambora. Kemudian akan diadakan Parade Kapal Layar di Teluk Saleh dan Sekitarnya, Untuk Event International Yacht Rally akan mengambil rute Australia – Labuan Bajo – Pulau Komodo – Sape – Teluk Bima – Teluk Saleh – Selat Alas – Selat Lombok – Bali. Juga diadakan Tambora Volcano Tour yang rencananya akan diikuti oleh 7200 Tracker di Gunung Tambora.

Sail Moyo Tambora ditargetkan akan meningkatkan potensi kawasan diantaranya potensi wisata maritim seperti Diving, Snorkling, trekking Air terjun, wisata alam, dan Camping Ground, kemudian ada potensi budidaya kelautan seperti Industri Perikanan dan Budidaya Rumput Laut. Wisata agrobisnis akan dicoba untuk dikembangkan diantaranya Geowisata dan Ranch Area. Sail Moyo Tambora ini juga menjadi upaya mendukung Mandalika sebagai salah satu dari 10 kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) atau destinasi baru yang telah ditetapkan oleh pemerintah