Yang Optimis Pasti Menang

Yang Optimis Pasti Menang

Presiden Jokowi (Foto Istimewa)

PIKIRAN RAKYAT – Semenjak tiga tahun lalu, banyak analis dan ahli yang meramalkan bahwa perekonomian dunia bakal anjlok. Dimulai dari anjloknya harga minyak dunia dua tahun lalu, devaluasi mata uang Tiongkok, keluarnya Inggris dari Uni Eropa, dan adanya kekhawatiran akan sejumlah pemilihan pemimpin di kawasan Eropa.

Namun, setahun terakhir, yang terlihat adalah stabilnya pemulihan ekonomi di Uni Eropa dan ekonomi Amerika Serikat tumbuh di atas tiga persen. Untuk pertama kalinya dalam tujuh tahun terakhir, angka perdagangan global melebihi pertumbuhan ekonomi global. Bursa saham di seluruh dunia termasuk Indonesia juga mencatatkan rekor tertinggi. Dan, untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun terakhir, setiap negara anggota G-20 menunjukkan pertumbuhan PDB yang positif.

Bagaimana dengan negara kita? Indonesia kini tengah berada di jalur yang tepat. Ekonomi Indonesia akan terus bertransformasi, beranjak dari ketergantungannya terhadap produk komoditas menuju ekonomi investasi, produksi, dan pelayanan.

Dalam acara Bloomberg: The Year Ahead Asia Summit 2017 di Jakarta, siang tadi, saya menyerukan kepada semua: mari, kita tinggalkan pesimistis, dan bergabung bersama kami dalam optimisme.

Tulisan – Facebook Presiden Joko Widodo