Depan Rakyat Jokowi – JK Janji Stop Impor Pangan!! “Sekarang”

Depan Rakyat Jokowi – JK Janji Stop Impor Pangan!! “Sekarang”

NUSANTARATIMES – Janji adalah utang maka janji haruus di bayar dan direalisasikan.

JANJI bagaikan hutang. Begitu sebagian besar orang mengatakannya. Dan memang benar adanya, karena janji adalah akad, sebagaimana artinya berupa ikatan yang selalu bersifat mengikat antara kedua belah pihak, baik yang mengucap janji maupun yang menerima janji.

Hukum berjanji adalah mubah, sementara hukum menepati janji adalah wajib, sehingga melanggar janji berarti suatu keharaman. Allah berfirman:

“Hai orang-orang yang beriman, penuhilah akad-akad itu.” (QS: Al-Ma’idah: 1)

Namun saat ini beras diimpor dengan berbagai alasan, lalu bagaimana dengan janji politik Jokowi – JK di 2014 lalu??

Calon presiden nomor urut 2, Joko Widodo, berjanji di depan para petani di Bandung bahwa dirinya akan mensejahterakan kehidupan mereka. “Para petani ini, saya tahu, pendapatan mereka satu bulan hanya Rp 350 ribu. Kesulitan lain adalah mendapatkan pupuk dan harganya mahal, kan?” ujar Jokowi dalam sambutannya di Lapangan Tegalega, Kota Bandung, Kamis, 3 Juli 2014.

Calon presiden Joko Widodo mengaku akan menghentikan kebijakan impor pangan jika ia terpilih menjadi presiden 2014 bersama wakilnya, M Jusuf Kalla. Menurut Jokowi, Indonesia yang memiliki kekayaan alam berlimpah dengan tanah yang subur ini seharusnya jadi negara pengekspor.
Namun janji tinggal janji.

Presiden Joko Widodo mengatakan, kebijakan impor 500.000 ton beras dilaksanakan demi memperkuat cadangan beras nasional.

“Itu (impor beras) untuk memperkuat cadangan beras kita agar tidak terjadi gejolak harga di daerah-daerah,” ujar Jokowi di sela kunjungan kerjanya di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Senin (15/1/2018).

Selain itu, Kepala Satgas Pangan Polri Irjen Setyo Wasisto memastikan tidak ada penimbunan stok beras di tingkat produsen ataupun distributor.

Menurut dia, kelangkaan stok beras yang berujung impor disebabkan kecilnya hasil panen.

“Kami mendapatkan memang di lapangan ada panen. Namun, panennya tidak panen raya (besar jumlahnya),” ujar Setyo, yang juga Kepala Divisi Humas Polri, Senin (15/1/2018) malam. Sumber – kompas.com

Untuk itu sebagai warga negara yang memiliki rasa sosial tinggi dan menjunjung tinggi pancasila, seharus nya tidak diam saja jika jokowi tidak merealisasikan janjinya.

Saudaraku bayangkan jika anak atau teman berbohong saja kita marah, itu bohongnya satu orang, kalau pak jokowi bohongin banyak orang. Saya hanya sampaikan kalian yang berfikir.

Penulis : Abdullah Kelrey (GN – PENEGAK PANCASILA).

Catatan : Tulisan ini penulis berhasil kumpulkan dari media online, hanya semata – mata penulis ingatkan pembaca tentang janji politik Jokowu – JK agar bisa di realisasikan.