Perkenalan Seragam Baru Kementrian Hukum dan HAM

Perkenalan Seragam Baru Kementrian Hukum dan HAM

28

NUSANTARATIMES – Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) pada pagi ini, Senin (12/03) bertugas sebagai Petugas Apel Pagi di lingkungan Unit Utama Kemenkumham. Yang bertindak sebagai Pemimpin Apel Kepala Bagian Keuangan Itjen Kemenkumham Ichsanudin Eko.

Pelaksanaan Apel di lingkungan Unit Utama Kemenkumham dilaksanakan setiap Hari Senin pagi dan Jum’at sore di Lapangan Upacara Kemenkumham. Pelaksanaan tersebut dilakukan guna menciptakan suatu rasa kebersamaan, kekompakan serta mewujudkan rasa kekeluargaan dalam satu korps Kementerian Hukum dan HAM. Selain itu, Apel juga sebagai sarana untuk membangun komitmen dan disiplin pegawai.

Direktur Jenderal (Dirjen) Hak Asasi Manusia (HAM) Mualimin Hadi sebagai Pembina Apel menyampaikan kepada peserta Apel terkait perkenalan seragam baru di lingkungan Kemenkumham yang bertempat di Lapangan Upacara Kemenkumham, Senin (12/03).

“Seragam baru untuk mewujudkan kesamaan, kesetaraan dan kesederajatan diantara para pegawai sampai dengan tingkat Pembina utama”, ucapnya sebagai Pembina Apel pada Apel Pagi di lingkungan Kemenkumham.

Selain itu, Mualimin juga menyampaikan terkait peresmian layanan imigrasi berbasis HAM pada Kanim Kelas I Mataram, bahwa terdapat jalur khusus untuk kaum difabel, Ibu Hamil, Ibu menyusui dan Lansia serta diberikan juga layanan khusus dan treatment khusus.

“Bukan berarti semua serba sama melainkan memberlakukan sama untuk yang harus diberlakukan sama dan memberlakukan berbeda untuk yang barus diberlakukan berbeda”.

Kemudian Mualimin berharap, “agar kedepannya berani mencanangkan layanan public berbasis HAM dan Kemanusiaan dalam lingkungan resmi kementerian, dan juga dapat merambat ke instansi lain”.

Sehingga, kita selaku ASN agar menjadi spirit dan semangat bersama untuk mendorong penghormatan, perlindungan, penegakan dan kemajuan HAM, bukan hanya di Ditjen HAM melainkan seluruh pegawai, karena kita semua turut memikul tanggung jawab separuhnya untuk hal-hal terkait HAM.