Kamis, 30 Mei 2024
Daerah

IKN Nusantara Tingkatkan UMKM dan Perekonomian Masyarakat

Balikpapan – Ketua UMKM Pawon Patra Wonder Food Snack binaan Pertamina Balikpapan, Anita mengatakan IKN Nusantara, memberikan dampak positif terhadap masyarakat, khususnya dalam sektor Ekonomi dan UMKM.

Hal ini pun diungkapkan Anita saat ditemui di Balikpapan Rabu 8/5/2024.

Menurut Wanita yang kerap disapa Anita, pihaknya menyambut dengan baik pindahnya IKN ke Kalimantan karena dengan pindahan IKN ke Kalimantan akan dapat meningkatkan pertumbuhan di bidang ekonomi khususnya pengembangan UMKM.

Dirinya menyebutkan, IKN, sangat berpengaruh pada UMKM, terutama peningkatan penjualan, karena banyaknya tamu yang berkunjung ke Kalimantan maka produk kami banyak dipesan di beberapa tempat yang kami titipkan, ucapnya.

” Untuk itu, kami terus mempersiapkan produk lebih banyak lagi dan berinovasi dalam meningkatkan kualitas produksi agar dapat dipasarkan selain di dalam negeri namun juga dapat untuk diekspor keluar negeri, ” ungkap Anita.

Dirinya mengatakan bahwa, Produk dari UMKM tersebut juga sedang mengikuti kurasi untuk perdagangan ekspor di jerman.

” Kami siap bersaing dengan pelaku usaha dari luar Kalimantan dengan lebih meningkatkan inovasi produk dan kualitas produk kami, ” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi menegaskan keberadaan ibu kota negara di Provinsi Kaltim menjadi peluang investasi dan peluang usaha berbagai sektor, salah satunya adalah UMKM (usaha mikro kecil dan menengah) di Provinsi Kaltim.

“Perpindahan Ibu Kota Nusantara di Provinsi Kaltim akan menjadi peluang usaha bagi pengusaha maupun para pelaku UMKM. Dan IKN bisa menjadi salah satu pendorong peningkatan usaha, peningkatan investasi dan pertumbuhan ekonomi di daerah,” kata Hadi Mulyadi .

Mantan legislator Karang Paci dan Senayan itu mengatakan selain menjadi peluang, tentu juga menjadi tentangan bagi pelaku UMKM, bukan saja menghasilkan produk yang kompetitif, tetapi bagaimana meningkatkan sumber daya manusianya, sehingga menjadi UMKM yang berkapasitas, berkualitas dan mempu berdaya saing.

“Oleh karena itu, para pelaku usaha UMKM diharapkan dapat terus meningkatkan kompetensinya, sehingga dapat berkarya dan menghasilkan produk yang berkualitas dan berdaya saing di pasar gobal,” pesannya.

Wagub Hadi menambahkan, dukungan Pemprov Kaltim terhadap pelaku UMKM yang ada di Kaltim terus dilaksanakan, baik peningkatan kapasitas maupun sertifikasi kompetensi melalui berbagai pelatihan yang dilakukan oleh dinas terkait di lingkup Pemprov Kaltim, maupun pihak perbankan di Kaltim.



Baca Juga