Kamis, 30 Mei 2024
Nasional

Pakar dan Ahli: IKN Layak Menjadi Kota Masa Depan Berkelas Internasional

Jakarta – Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara diproyeksikan bisa menjadi sebuah kota masa depan yang nyaman sekaligus sangat dicintai oleh semua kalangan dengan berbekal dukungan infrastruktur serta teknologi terbaik sebagai kota hijau dan cerdas.

Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danis Sumadilaga mengatakan IKN adalah kota masa depan atau kota bagi generasi muda masa kini.

“Sehingga diharapkan generasi muda secara inklusif dapat berkontribusi dan berpartisipasi untuk mengakomodasi inovasi pada tiga area yang diprioritaskan pertumbuhannya, dari sektor kesehatan, energi, dan ekonomi,” kata Danis di Jakarta.

Sementara itu, Direktur Pelayanan Dasar Kedeputian Bidang Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat Otorita IKN, Suwito, mengatakan keberadaan peta jalan pendidikan IKN yang kini dalam proses penyusunan akan mengantarkan IKN dalam mewujudkan visi sebagai kota dunia untuk semua.

“Selain mewujudkan misi IKN sebagai kota dunia untuk semua, Peta Jalan Pendidikan ini juga berfungsi untuk mengarahkan pengembangan pelayanan pendidikan di IKN,” ujar Suwito.

Hal senada juga diungkapkan Guru Besar Ilmu Arsitektur Fakultas Teknik UI, Gunawan Tjahjono bahwa pembangunan IKN dapat menjadi momentum pengembangan inovasi yang nantinya dapat direalisasikan di wilayah IKN baru. Jadikan IKN ini sebagai sebuah misi nasional buat inovasi, seperti transportasi masyarakat.

“Jadikan IKN ini sebagai sebuah misi nasional buat inovasi, seperti transportasi masyarakat. Lakukan sinergi, melalui riset antarbidang dan ajak industri terkait untuk bekerja sama dalam hak paten penciptaan inovasi,” jelas Gunawan.



Baca Juga