Kamis, 30 Mei 2024
DaerahIbu Kota NusantaraNasional

Survei Indikator Politik Indonesia: Mayoritas Masyarakat Puas dengan Kinerja Jokowi

Lembaga Indikator Politik Indonesia merilis survei terkini terkait persepsi publik atas penegakan hukum, sengketa di Mahkamah Konstitusi (MK), dan isu terkini setelah Pilpres 2024.

Dalam survei yang dilakukan pada 4-5 April 2024 tersebut, mayoritas masyarakat mengaku puas dengan kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Approval ratings president by phone, atau data trend survey itu di survei terakhir kami di awal April, itu sekitar 77,2%. Beda 0,5 dibandingkan survei LSI yang dirilis minggu lalu 76,5, beda tipis sama LSI dalam margin of error,” kata founder dan peneliti utama Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam konferensi pers virtual, Minggu (21/4/2024).

Sebaliknya, 22% responden mengaku merasa kurang puas dengan kinerja Jokowi sebagai presiden.

“Yang menyatakan tidak puas, karena dinilai satu, harga pokok meningkat itu yang paling tinggi. Kurang mampu memimpin, kurang berpihak kepada rakyat kecil, bantuan tidak merata. Mungkin ini enggak dapat bansos ya,” kata Burhanuddin.

Kendati demikian, Burhanuddin mengatakan bahwa tingkat kepuasan masyarakat terhadap Jokowi tersebut dinilainya sebuah pencapaian, mengingat beragam terpaan isu baik politik hingga ekonomi.

“77,2% ini bukan angka yang kecil ya. Di tengah banyak isu mulai dari isu ekonomi termasuk isu politik karena berpisah jalannya PDIP dengan Jokowi, approval Jokowi masih 77% lumayan besar. Meskipun, belum sepulih seperti sebelum pilpres, tetapi setidaknya tidak turun lagi,” kata Burhanuddin.

sumber: https://www.beritasatu.com/nasional/2812258/survei-indikator-politik-indonesia-mayoritas-masyarakat-puas-dengan-kinerja-jokowi



Baca Juga