Rabu, 19 Jun 2024
Opini

Masyarakat Apresiasi Pembangunan AMN Wujudkan Generasi Unggul

Oleh: Olivia Warouw *)

Masyarakat terus memberikan apresiasi sangat tinggi atas pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado termasuk juga di Surabaya hingga nantinya di beberapa wilayah lain tersebar di seluruh Indonesia.

Bukan tanpa alasan mengapa apresiasi tersebut terus datang dengan sangat besar bahkan dari beragam kalangan. Pasalnya, memang keberadaan Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) sendiri merupakan hal yang sangat penting dalam memfasilitasi para generasi muda penerus bangsa untuk terus maju dan berkembang.

Karena selama ini sejatinya tidak sedikit anak muda Indonesia yang memiliki bakat serta potensi luar biasa, namun mereka kurang memiliki wadah atau fasilitas yang memadai. Oleh karenanya, Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN), baik di Manado, Surabaya ataupun yang nantinya akan terus tersebar di berbagai wilayah itu hadir dalam memberikan para pemuda fasilitas sehingga publik pun meresponnya dengan luar biasa baik.

Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey melalui Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov), Steve HA Kepel memberikan apresiasi kepada semua pihak yang selama ini terus membantu dalam realisasi proyek pembangunan AMN Manado, utamanya adalah Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN RI).

Adanya dukungan penuh dari berbagai macam kalangan di Indonesia, termasuk Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah (Pemda) setempat, termasuk juga dari seluruh stakeholder atau pemangku kepentingan lokal hingga masyarakat luas jelas menjadi pondasi yang sangat penting untuk mengokohkan kesuksesan pembangunan AMN Manado.

Terlebih, karena pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara sendiri sejatinya bukan hanya sekedar menjadi bangunan fisik semata, namun sebagai simbol dari betapa kuatnya komitmen pemerintah melalui lembaga pimpinan Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Budi Gunawan terhadap pembangunan sumber daya manusia (SDM) di Indonesia.

Melalui asrama itu, pemerintah berupaya untuk menciptakan lingkungan yang sangat kondusif bagi para mahasiswa dari berbagai macam daerah di Indonesia untuk terus belajar, berkreasi dan berkolaborasi. Dengan banyaknya manfaat tersebut, jelas masyarakat merespon keberadaan AMN dengan penuh apresiasi.

Sementara itu, Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof. K.H. Yudian Wahyudi mengungkapkan memang Asrama Mahasiswa Nusantara mampu menjadikan generasi muda untuk berkarakter Pancasila. Oleh karena itu, dirinya memberikan apresiasi sangat besar atas pembangunan AMN oleh Pemerintah melalui BIN dalam upaya unutk membangun SDM Tanah Air yang unggul.

Keberadaan Asrama Mahasiswa Nusantara tentu menjadi sangat baik, khususnya bagi para penghuninya karena mendatangkan beragam sekali manfaat positif. Dalam gedung tersebut, para generasi muda penerus bangsa akan terus terasah keterampilan mereka, termasuk jiwa nasionalisme, bela negara hingga mereka akan memiliki cita-cita yang sama untuk Indonesia.

Jelas sekali bahwa pembangunan AMN Manado merupakan upaya sangat nyata dari Badan Intelijen Negara untuk mewujudkan persatuan Indonesia, dan di saat yang sama adalah mewujudkan keadilan sosial, khususnya pada dunia pendidikan.

Di sisi lain, Badan Intelijen Negara selaku inisiator pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara di Manado, turut memberikan apresiasi tinggi kepada pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara karena menghibahkan lahan seluas 5 hektare demi mampu membangun penyediaan akan fasilitasi generasi muda tersebut untuk berkembang.

Pokja Pembangunan AMN dari Badan Intelijen Negara melalui Wakapokja AMN Manado, Idham Malik menjelaskan bahwa hibah tanah yang Pemprov Sulut berikan untuk pembangunan asrama merupakan yang terluas dan terbesar dari beberapa daerah yang telah menghibahkan tanah bagi pembangunan serupa.

Sebagai informasi, untuk pembangunan AMN di Surabaya saja memiliki luas 5 ribu meter, kemudian rencana pembangunan di Jakarta juga sama, yakni dengan lahan seluas 5 ribu meter. Di Yogyakarta justru hanya seluas 4 ribu sekian meter. Namun di Manado, menjadi sangat luas dan besar, yakni hingga 5 hektare.

Dengan adanya dukungan sangat maksimal dari berbagai macam pihak tersebut, maka bukan tidak mungkin jelas akan menjadikan gedung Asrama Mahasiswa Nusantara sebagai simbol pemersatu bangsa Indonesia.

Apresiasi besar juga datang dari para mahasiswa, khususnya mereka yang menjadi penerima manfaat dari AMN, lantaran di dalamnya mereka mendapatkan beasiswa secara penuh dari pemerintah melalui LPDP dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) selama berkuliah, termasuk juga mereka mendapatkan tanggungan atas seluruh biaya hidupnya.

Hal tersebut menjadikan para mahasiswa dan mahasiswi dari berbagai macam daerah di Indonesia hingga pelosok ujung Timur sampai ujung Barat Tanah Air mengaku bahwa mereka semua merasa sangat terbantu atas adanya perhatian serius Pemerintah dan BIN ini.

Bantuan serta perhatian serius tersebut semakin menjadikan para mahasiswa memiliki tekad kuat untuk berkuliah dengan sangat sungguh-sungguh dan demi bisa mengembangkan wilayah mereka masing-masing.

Pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN), termasuk di Manado, Surabaya hingga yang nantinya akan berlangsung di berbagai lokasi lainnya terus mendatangkan banyak apresiasi dari berbagai pihak serta masyarakat secara luas, lantaran memang kebermanfaatannya yang besar bagi generasi muda penerus bangsa.

*) Mahasiswa Manado Tinggal di Jakarta



Baca Juga