Minggu, 8 Sep 2024
Hot News

IPPP ke-2 Meneguhkan Komitmen Bersama Menjaga Stabilitas Kawasan Pasifik

Jakarta –Indonesia – Pacific Parliamentary Partnership (IPPP) ke-2 resmi ditutup 25 Juli 2024 dan berhasil mengumpulkan delegasi parlemen negara-negara Pasifik untuk berdiskusi serta berkolaborasi dalam berbagai isu penting. Salah satu capaian utama forum ini adalah komitmen bersama untuk menjaga stabilitas kawasan Pasifik.

Ketua DPR RI, Puan Maharani, dalam pidato penutupan, menekankan pentingnya kerja sama antarnegara untuk memastikan stabilitas Kawasan.

“Stabilitas kawasan Pasifik adalah kunci untuk mencapai kemakmuran bersama dan dalam IPPP ke-2 ini, kita telah berdiskusi secara mendalam mengenai berbagai tantangan yang dihadapi kawasan ini dan menyepakati langkah-langkah konkret untuk mengatasinya. Komitmen kita untuk bekerja sama dalam menjaga stabilitas adalah fondasi bagi masa depan yang lebih baik bagi semua negara di kawasan ini,” ujar Puan Maharani.

Puan Maharani juga menyoroti beberapa capaian penting dari forum ini diantaranya perkuat kerjasama keamanan, ekonomi dan lingkungan.

“Kami telah mencapai berbagai kesepakatan yang akan memperkuat kerja sama di bidang keamanan, ekonomi, dan lingkungan. Dari pengembangan ekonomi biru yang berkelanjutan hingga peningkatan ketahanan pangan dan penanganan perubahan iklim, IPPP ke-2 telah menetapkan rencana aksi yang jelas untuk masa depan kita,” lanjutnya.

Dalam konteks menjaga stabilitas, Puan Maharani menekankan perlunya pendekatan kolektif dan inklusif.

“Stabilitas kawasan tidak bisa dicapai secara individual oleh satu negara saja. Dibutuhkan upaya bersama dan solidaritas antarnegara. Kami di DPR RI berkomitmen untuk mendukung setiap inisiatif yang dapat memperkuat stabilitas dan kesejahteraan kawasan Pasifik,” tegas Puan Maharani

Ketua DPR Puan Maharani juga menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam kesuksesan IPPP ke-2.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta, panitia, dan mitra yang telah bekerja keras untuk menyukseskan forum ini. IPPP ke-2 bukan hanya tentang diskusi, tetapi juga tentang aksi nyata yang akan kita lakukan bersama ke depan,” pungkas Puan Maharani.

IPPP ke-2 telah menghasilkan berbagai kesepakatan dan rencana aksi yang akan menjadi dasar bagi kerja sama lebih lanjut di antara negara-negara Pasifik, ucapnya.

Dengan komitmen bersama untuk menjaga stabilitas kawasan, diharapkan hubungan antarnegara akan semakin erat dan mampu menghadapi tantangan global secara bersama-sama, tutup Puan.

Tags:#Indonesia#IPPP#IPPP2024#news#update


Baca Juga