Sabtu, 7 Sep 2024
Hot News

Tutup Sidang IPPP ke-2, Puan Ajak Parlemen Kawasan Pasifik Tingkatkan Komitmen Kerjasama Ekonomi Biru

Jakarta – Penyelenggaraan Indonesia-Pacific Parliamentary Partnership (IPPP) ke-2 yang berlangsung di Jakarta resmi ditutup dengan sukses.

Puan Maharani selaku Ketua DPR RI mengajak para delegasi untuk meningkatkan kerjasama dalam implementasi Ekonomi Biru, dalam rangka menghadapi sejumlah ancaman seperti isu perubahan iklim dan pemanasan global.

“Kita melihat ancaman besar seperti perubahan iklim yang harus dihadapi oleh negara-negara Pasifik Parlemen harus berada di Garda terdepan. Dalam hal ini, DPR Republik Indonesia telah memberikan kontribusi besar dalam memobilisasi aksi nyata parlemen di berbagai negara seperti yang telah diusung pada pertemuan majelis Inter-Parliamentary Union (IPU) ke 144 pada tahun 2022 guna mengatasi pemanasan global,” ujar Puan.

Pertemuan hari ini juga terkait pembahasan potensi laut yang besar di Pasifik maka Parlemen harus meletakkan ekonomi biru sebagai suatu prioritas masih mengalami bangunan namun Indonesia berkomitmen untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman melalui program pelatihan bagi mitra-mitra parlemen di Pasifik.

Pernyataan terkait kerjasama ekonomi biru tersebut juga senada dengan Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI, Fadli Zon, yang menjelaskan bahwa BKSAP DPR RI, memberi perhatian pada perkembangan ekonomi biru dengan berfokus pada kesejahteraan masyarakat agar berdampak pada peningkatan skill SDM dan pemanfaatan SDA berkelanjutan.

“Fokus juga diberikan pada potensi konektivitas regional di Pasifik dan pembangunan inklusif di masa depan. Pembicaraan ini mencakup berbagai aspek dalam ekonomi biru dan potensi kerja sama antara Indonesia dan negara-negara Pasifik,” kata Fadli

Puan juga menegaskan kembali komitmen DPR RI untuk menempatkan parlemen Negara Pasifik sebagai Mitra Utama untuk lebih intensif berkonsultasi dan berdialog baik di Jakarta ataupun di forum internasional lainnya, terutama dengan parlemen dari negara-negara pasifik.

“Rekomendasi yang telah disepakati di Jakarta saat ini harus dibawa ke negara kita masing-masing dan ke ruang pertemuan ke gedung parlemen kita dan saya mengajak Negara-negara Pasifik untuk menceritakan kepada rakyat di negaranya bahwa Indonesia ingin meningkatkan persahabatan dengan rakyat di Pasifik,” kata Puan.

Dalam pidato penutupnya, Puan Maharani menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam suksesnya penyelenggaraan IPPP ke-2.

“Kami sangat mengapresiasi antusiasme dan partisipasi aktif dari seluruh delegasi. Melalui forum ini, kita telah berhasil memperkuat kerja sama antarparlemen di kawasan Pasifik dan membuka peluang baru untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Tags:#Indonesia#IPPP#IPPP2027#news#update


Baca Juga