Rabu, 19 Jun 2024
Hot News

Buka WWF ke-10 di Bali, Presiden Jokowi: Kolaborasi Kunci Menjawab Permasalahan Air Dunia

Bali – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Kolaborasi menjadi kata kunci untuk menjawab segala permasalahan Air Dunia. Dunia internasional harus dapat bergandengan tangan untuk berkomitmen dalam menjawab tantangan yang ada terkait isu air.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi dihadapan para pemimpin dunia saat membuka World Water Forum ke – 10, Senin 20/5/ 2024 di Bali.

Menurut Presiden Jokowi, dengan komitmen yang kuat dari para pemimpin dunia internasional maka isu air yang selama ini menjadi permasalahan dapat dicarikan solusinya.

Di Indonesia kolaborasi telah menjadi kunci keberhasilan dalam merestorasi Sungai Citarum serta pengembangan energi hijau, solar panel terapung di Waduk Cirata yang menjadi terbesar di Asia Tenggara dan ke-3 di dunia, pungkas Presiden Jokowi.

Sebagai negara dengan luas perairan yang mencapai 65 persen, Indonesia kaya kearifan lokal dalam pengelolaan air, mulai dari sepanjang garis pantai, pinggiran aliran sungai, sampai tepian danau, ucapnya.

Masyarakat kami memiliki nilai budaya terhadap air, salah satunya adalah sistem pengairan Subak di Bali yang dipraktekkan sejak abad ke-11 yang lalu, dan diakui sebagai warisan budaya dunia, jelasnya.

Dihadapan para pemimpin dunia, Presiden Jokowi meminta untuk air dapat dikelola dengan baik karena setiap tetesnya sangat berharga. “Air adalah sumber kehidupan dan simbol keharmonisan dan jika tidak dikelola dengan baik air akan menimbulkan bencana”, ujarnya.

Indonesia kaya kearifan lokal akan air mulai garis pantai hingga tepian danau. Bagi masyarakat Bali air adalah kemuliaan. Hal itu sejalan dengan tema WWF ke-10 tahun ini di Bali, yaitu air bagi kemakmuran bersama, ungkapnya.

Dengan tema tersebut dapat dimaknai menjadi 3 prinsip dasar yaitu menghindari persaingan, mengedepankan pemerataan dan kerja sama inklusif serta menyokong perdamaian dan kemakmuran bersama, tandas Presiden Jokowi.

Dengan berkumpulnya kita di Bali hari ini, tentu Indonesia berharap dunia dapat saling bergandengan tangan secara berkesinambungan untuk dapat memperkuat komitmen kolaborasi dalam mengatasi tantangan global terkait air, imbuhnya.

Untuk diketahui, pada saat pembukaan WWF ke – 10 di Bali, Presiden Jokowi memperkenalkan Presiden terpilih Indonesia pada Pemilu 2024 Prabowo Subianto. “Bapak Prabowo Subianto akan melanjutkan kebijakan Indonesia kedepan terkait isu Air”, tutur Presiden Jokowi.

Tags:#Bali#Indonesia#news#update#WWF


Baca Juga