Rabu, 19 Jun 2024
Hot News

Perhelatan WWF ke-10 Bali Sukses, Indonesia Banjir Apresiasi

BALI — Perhelatan World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali berjalan dengan sangat sukses, hal tersebut menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah mendapatkan banjir apresiasi dari banyak pihak.

Dalam Closing Ceremony WWF ke-10 di Bali, Wakil Presiden World Water Council Eric Tardieu menilai bahwa kepemimpinan Indonesia dalam ajang tersebut sangat efektif.

“Pelaksanaan WWF ini oleh Indonesia sangat efektif untuk mendorong seluruh kebijakan mengenai tata kelola air,” katanya.

Lebih lanjut, dirinya juga mengaku bahwa nilai Gotong Royong khas Indonesia patut disebarluaskan di seluruh dunia karena mengandung ajaran untuk terus bersama.

“Seluruh kekayaan alam di Bali selama ini, termasuk nilai Indonesia, yakni Gotong Royong sangat kami hargai, karena gotong royong berarti kebersamaan dan gotong royong membawa berkah,” ungkap Eric.

Pasalnya, adanya kebersamaan yang inklusif dari berbagai pihak menurut Wakil Presiden World Water Council itu sangat penting untuk mengatasi isu mengenai air dunia.

“Dalam ajang ini, kita semua mendorong adanya inklusifitas lebih jauh lagi mengenai isu air dunia,” jelasnya.

Sementara itu, Presiden World Water Council, Loic Fauchon juga sangat mengapresiasi bagaimana kepemimpinan Indonesia dalam WWF ke-10.

Menurutnya, seluruh persiapan dari Tanah Air dalam forum dunia ini sangat baik dari berbagai sektornya.

“Teman-teman Indonesia terima kasih telah mempersiapkan forum ini dengan baik dan penuh keramahan, terima kasih,” kata Loic.

“Terakhir untuk semua teman-teman Indonesia, kepada Bapak Basuki, pemerintah dan tim Anda, kami ingin menyampaikan bahwa ini adalah suatu kehormatan untuk bekerja sama dengan Anda,” tambahnya.

“Dengan stabilitas, solidaritas, kemakmuran dan saya juga akan menambahkan, keamanan, ini adalah harapan saya untuk seluruh rakyat Indonesia dan seluruh dunia,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono juga mengapresiasi adanya kolaborasi antar pihak untuk menyukseskan WWF.

“Saya sangat menyanjung bagaimana kolaborasi semua pihak dari Indonesia, termasuk dari WWC dan seluruh stafnya untuk menyukseskan acara ini,” katanya.

Sebagai tuan rumah, Indonesia sudah mendorong beberapa hal penting seperti Hari Danau, pengelolaan air terpadu untuk pulau kecil, Deklarasi Menteri hingga banyaknya proyek air.

“Sebagai tuan rumah, kami mendorong adanya Hari Danau Dunia serta pengelolaan air terpadu untuk Pulau-Pulau Kecil,” ungkap Menteri Basuki.

“Indonesia juga mencetak sejarah dalam forum ini, yakni adalah Deklarasi Menteri serta adanya ratusan proyek dengan nilai 9,4 miliar USD,” pungkasnya.

Tags:#Bali#Indonesia#news#update#WWF


Baca Juga